7 Personil Pomdam XIII/Merdeka Diambil Sumpah Sebagai Penyidik Pomad

Daerah, Headline, Nasional703 Dilihat

MANADO Nusantaraline.com – 7 Personil Pomdam XIII/Merdeka mengikuti Pengangkatan Sumpah Jabatan Penyidik Pomad TA 2023 yang dilaksanakan di Kodam II Sriwijaya Sumatera Selatan dan diikuti secara virtual di Markas Pomdam XIII/Merdeka, Rabu (5/4/23).

Pengangkatan Sumpah Jabatan Penyidik di pimpin oleh Wadanpuspomad Mayjen TNI Eka Wijaya Permana, S. H.

Dalam arahannya, Wadanpuspomad mengatakan, Mengawali amanat ini, selaku Pembina Korps dan pribadi mengucapkan “Selamat” kepada 100 personil Pomad yang pada hari ini telah disumpah dan diangkat dalam jabatan Penyidik Pomad TA 2023 yang terdiri dari 59 Perwira serta 41 Bintara.

Dengan telah diangkat dan disumpahnya para penyidik ini, kita semua berharap, proses penyelesaian perkara di jajaran Polisi Militer TNI Angkatan Darat akan lebih mampu dilaksanakan secara cepat, tepat, tuntas dan transparan.

“Sehingga dapat mendukung tercapainya Satuan Polisi Militer TNI Angkatan Darat yang Adaptif, Profesional, Modern dan Tangguh,” ujarnya.

Untuk itu, Wadanpuspomad mengingatkan kepada para Penyidik, agar memiliki integritas moral yang baik, jujur, berani, benar, tulus dan ikhlas, serta harus bekerja dengan profesional dan memperhatikan asas-asas Penyidikan.

“Asas penyidikan yaitu, Asas kepentingan masyarakat, asas kepentingan individu dan asas kepentingan hukum serta menerapkan manajemen penyidikan modern, dengan menggunakan metode Penyidikan ilmiah untuk menghindari terjadinya rekayasa dan kekerasan dalam kegiatan penyidikan,” tegasnya.

Pada kesempatan itu juga, Mayjen TNI Eka Wijaya Permana memberikan penekanan kepada Penyidik Pomad dalam melaksanakan tugas, yakni sebagai berikut :

Pertama: Pertanggungjawabkan sumpah jabatan yang telah saudara ucapkan dan jadikan tugas Penyidik sebagai amanah dari Allah SWT Tuhan YME.

Kedua : Kuasai Peraturan Perundang-undangan agar pekerjaan saudara dapat mewujudkan suatu kepastian hukum serta laksanakan tertib administrasi dalam proses Penyidikan.

Ketiga : Hindari rekayasa dalam bentuk apapun, kriminalisasi dan akal-akalan dalam proses penyidikan, yang akan berdampak negatif terhadap Penyidik dan institusi Polisi Militer TNI Angkatan Darat.

Keempat : Lakukan koordinasi dan komunikasi yang baik dengan instansi terkait dalam proses penyidikan.

“Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan petunjuk, bimbingan dan perlindungan-Nya kepada kita sekalian dalam melanjutkan pengabdian kepada TNI, Bangsa dan Negara,” tandasnya.

Diketahui, 7 Personil Pomdam XIII/Merdeka yang mengikuti Pengangkatan Sumpah Jabatan Penyidik Pomad TA 2023 yakni,

1. Letda Cpm Yudhi Pratama Putra SH
2. Serda Josua Tiwow
3. Letda Cpm Edi Susanto
4. Lettu Cpm Ucok Bossco SH
5. Letda Cpm Hotmian May Frayer Sibarani
6. Peltu Mansyur
7. Serda Edwin Cornelius

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Danpomdam XIII/Merdeka Kolonel CPM Dwi Bangun Wahyu Jatmiko SH M.I.P, Aspers Kodam XIII/Merdeka, Kakumdam, Kaotmil, Kadilmil, Wadanpomdam XIII/Merdeka, Dandenpom, Kasi Idik Pomdam, Kasi Tuut, Kasi Lipdam, Kasi Gakkum dan tamu undangan lainnya.

(Ain)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *