Buka Bimtek Kerajinan Limbah, Ibu Rita Sebut Peran Dekranasda Penting untuk Tingkatkan Kompetensi SDM

MANADO Nusantaraline.com – Ketua Dekranasda Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Ir Rita Maya Dondokambey – Tamuntuan membuka kegiatan Bimbingan Teknis Kerajinan Limbah di Kota Manado, Senin (27/11/23).

Bimtek yang dilaksanakan di Hotel Three R Manado itu diikuti para wirausaha baru dan pemateri yang berkompeten termasuk Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Sulawesi Utara, Daniel Mewengkang.

Ibu Rita mengatakan, Dekranasda sebagai mitra Pemerintah khususnya membina dan mengembangkan produk kerajinan yang bernilai budaya, menjadi produk bernilai ekonomi.

“Bimtek ini dapat meningkatkan harkat martabat pengrajin Indonesia termasuk Sulut,” kata Ibu Rita

“Selaku ketua Dekranasda, saya memberikan apresiasi terkait kegiatan ini, karena bertujuan untuk mengembangkan industri kecil dan menengah,” sambungnya.

Ibu Rita menjelaskan, melalui Bimtek, para wirausaha baru dapat membuka lapangan kerja sebagai penggerak roda perekonomian.

Kemudian membangun industri kecil dan menengah dengan memiliki makna perubahan membentuk masyarakat industri yang maju dan tangguh.

“Ini sudah banyak dilakukan dan berdampak positif, terutama dilihat pertumbuhan unit usaha tenaga kerja dan nilai investasi industri,” ujarnya.

Meski begitu, ujar Ibu Rita, sektor IKM sangat kompleks permasalahannya, dan masih banyak hal yang perlu diupayakan untuk peningkatan.

Pun peran Dekranasda sangat diperlukan terutama meningkatkan kompetensi SDM, serta program pembinaan yang tepat.

Dekranasda dapat menghasilkan produk kerajinan yang kreatif, berkualitas, berbasis tradisi warisan budaya yang menguasai pasar dalam dan luar negeri.

Para wirausaha diharapkan dapat menerima manfaat, bisa mengembangkan usaha dengan mempunyai nilai ekonomis.

“Saya berharap para pemateri kerajinan dapat berguna bagi para wirausaha untuk menghasilkan produk berbahan baku limbah bernilai ekonomis,” imbau Ibu Rita.

(*/Ain)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *