Buka ToT Program Sekolah Sehat “Cuci Tangan Pakai Sabun,”, dr Devi Minta Guru Edukasikan ke Siswa

MANADO Nusantaraline.com – Ketua Perhimpunan Dokter Umum Indonesia (PDUI) Cabang Sulawesi Utara (Sulut) dr Devi Kartika Tanos MARS, membuka kegiatan Training of Trainer (ToT) Program SEKOLAH SEHAT “Cuci Tangan Pakai Sabun” di UPTD Bapelkes Malalayang Manado, Rabu (15/11/202).

Kegiatan ToT sekolah sehat cuci tangan pakai sabun tersebut berkolaborasi antara PDUI Sulut, Dinas Pendidikan Kota Manado dan Lifeboy yang dihadiri langsung oleh Presidium PDUI Pusat dr Imelda Datau dan dr Milka Ingkiriwang, Kadiknas Kota  Manado Steven Tumiwa, pengurus PDUI Cabang Sulut serta para perwakilan guru SD se Kota Manado.

dr Devi Tanos mengatakan Sulawesi Utara (Sulut) menjadi salah satu dari lima kota yang dipilih oleh PDUI Pusat dan lifeboy untuk menggelar kegiatan ToT program sekolah sehat cuci tangan pakai sabun.

“Kegiatan ToT ini sangat penting dalam rangka mengedukasi program sekolah sehat cuci tangan pakai sabun (CTPS) kepada anak didik kita. Karena kita tau persis dengan cara hidup yang sehat kita bisa terhindar dari beberapa penyakit,” ungkap sosok yang juga Sekretaris TP PKK Sulut itu.

Lanjut Noni Sulut 1994 ini, dengan cara mencuci tangan saja anak didik terhindar dari beberapa jenis penyakit. Sehingga anak didik bisa masuk sekolah tidak bolos-bolos, karena ada izin sakit.

“Kemudian anak didik kita ini bisa mengikuti pelajaran dengan baik dan fokus. Yang terakhir tentunya si anak didik kita ini bisa berprestasi lebih tinggi lagi menuju indonesia emas 2045. Jadi  banyak sekali manfaat – manfaat yang bisa kita dapatkan dengan perilaku hidup bersih dan sehat ini,” jelas dr Devi.

“Tentunya kita didik anak didik kita

yang ada di sekolah – sekolah di wilayah Sulawesi Utara (Sulut),” bebernya lagi.

Kedepan, kata dr devi sapaan akrabnya, menyebutkan program sekolah sehat cuci tangan pakai sabun ini akan di edusikan juga ke 14 kabupaten/kota di Sulut.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kita semua, terutama bagi anak-anak kita yang ada di SD. Kami akan  keroyok cara perilaku hidup sehat dengan mencuci tangan yang benar ini ke 14 kabupaten/kota di Sulut,” tegasnya.

dr Devi pun berharap kepada para guru yang hadir pada kegiatan hari ini selain menjadi ToT.

“Saya minta kepada para guru SD agar membuat kegiatan yang sama seperti ini. Dan sering-sering mengedukasikan kepada anak didik perilaku hidup sehat dengan cara mencuci tangan yang benar agar bisa terhindar dari segala jenis penyakit,” pungkasnya.

(*/Ain)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *