Ciptakan Situasi Kondusif Jelang Pemilu, Pangdam XIII/Merdeka Imbau Jaga Kerukunan dan Persatuan Bangsa

Daerah, Headline570 Dilihat

PALU Nusantaraline.com – Pangdam XIII/Mdk, Mayjen TNI Legowo W.R. Jatmiko, S.IP., M.M., didampingi Danrem 132/Tadulako Brigjen TNI Dody Triwinarto, S.I.P., M.Han., gelar silahturahmi dengan Toko Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat dan Ormas Kepemudaan Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), yang berlangsung, di Aula Manggala Sakti Makorem 132/Tadulako-Palu, Kamis (18/1/2024).

Diawal sambutannya Pangdam XIII/Mdk, Mayjen TNI Legowo, W.R. Jatmiko, S.IP., M.M., menyampaikan Apresiasi kepada Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat serta Ormas Kepemudaan Sulawesi Tengah yang telah bekerja sama dan bersinergi sangat baik dengan Korem 132/Tadulako beserta seluruh jajaran untuk bersama-sama menjaga kondusifitas wilayah Sulawesi Tengah.

“Sinergitas yang telah terbangun selama ini harus terus dijaga dan ditingkatkan, guna mewujudkan kondisi wilayah yang aman dan nyaman, sehingga wilayah Sulawesi Tengah akan terus aman dan damai,” harapnya.

Lebih lanjut, Pangdam menekankan pentingnya Masyarakat memahami empat pilar kebangsaan yaitu, Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika.

Selain itu, Pangdam juga menjelaskan bahwa tujuan silaturahmi itu, untuk mengecek kesiapan satuan jajaran Kodam XIII/Merdeka agar selalu siap mengatasi semua trouble spots dan bersinergi dengan pemerintah daerah dan Polri beserta jajaran serta instansi terkait lainnya.

Tak hanya itu, Pangdam menyebut tantangan strategis yang saat ini sudah di depan mata adalah Pemilu 2024.

Ia menegaskan Pemilu 2024 harus dapat berjalan secara langsung, umum, bebas dan rahasia, serta jujur dan adil.

“Pemilu adalah pesta demokrasi, harus disambut dan dilaksanakan dengan riang gembira selayaknya sebuah pesta, bukan sarana untuk saling membenci dan bermusuhan, tetapi justru harus menjadi sarana untuk integrasi bangsa. Jaga Kerukunan dan Persatuan Bangsa,” tegasnya.

Pangdam menghimbau seluruh pemangku kepentingan (stakeholders) agar bersama-sama menjaga dan mengawal Pemilu damai.

(*/Ain)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *