Dipimpin Danrem 131/Santiago, Pam Kunker Presiden RI Joko Widodo di Talaud Dimatangkan

Daerah, Headline520 Dilihat

TALAUD Nusantaraline.com – Pengamanan (Pam)  kunjungan kerja Presiden Republik Indonesia H.Ir . Joko Widodo di Wilayah Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara dalam rangka peresmian BTS (Based Transceiver System) di desa Bowombaru Utara, Kecamatan Melonguane Timur dan sejumlah agenda lainnya dimatangkan dalam Apel Gelar Pasukan Satgas, Rabu (27/12/2023).

Diketahui, lewat apel tersebut, gabungan pasukan dari TNI AD, TNI AL, TNI AU, Polri serta unsur terkait yang ada di Talaud dan Komando diatasnya dari berbagai korps atau kesatuan fungsi, menerima arahan terkait pembagian penempatan tugas pada sejumlah titik yang ditentukan.

Apel dipimpin langsung Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Wakhyono yang dalam amanatnya menekankan pengamanan kunker Presiden Jokowi harus aman, tertib dan lancar.

“TNI ditunjuk sebagai leading sectornya, namun dalam penerapannya di lapangan dikombinasikan diantara kita semuanya agar pengamanan VVIP ini dapat berjalan maksimal,” tegas Danrem 131 Santiago

Lanjut katanya,  tak boleh ada sesuatu  yang mengganggu kunjungan Kepala Negara. Apapun bentuknya, kunjungan Presiden RI dan rombongan selama di Sulawesi Utara  harus dapat dipastikan berlangsung dengan aman, tertib dan lancar, baik selama kunker maupun saat kembali ke Jakarta.

“Apapun harus kita pertaruhkan untuk itu,  karena ini menyangkut harga diri dan kehormatan bangsa kita. Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia, sehingga sekali lagi saya tekankan tidak boleh ada satu ancaman sekecil apapun yang berpotensi mengganggu keselamatan Beliau (Presiden – red) selama berada di wilayah Sulawesi Utara ini,” tegas Danrem Wakhyono.

Tak hanya pasukan, sejumlah alutsista untuk mendukung pengamanan penuh  juga dikerahkan baik di darat, laut maupun udara .

Danrem 131 Santiago Brigadir Jenderal TNI Wakhyono selaku Dansatgas Pamwil dan pengambil apel melakukan pengecekan kesiapan pasukan dan sarpras pendukung satgas pengamanan VVIP Presiden RI didampingi Danlantamal VIII Laksma TNI Nouldy dan pimpinan stakeholder terkait.

Diketahui, Pam VVIP terbagi beberapa Ring.

Dijadwalkan, rombongan RI 1 akan tiba di Bandara Melonguane usai transit dari Bandara Sam Ratulangi Manado, Kamis (28/12/2023) besok.

(*/Ain)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *