Diserahkan Wagub Kandouw, Sangihe Terima ‘Hadiah’ di HUT ke 598 dari Pemprov Sulut

SANGIHE Nusantaraline.com – Wakil Gubenur Sulut Drs Steven Kandouw menghadiri Rapat Paripurna Istimewa DPRD Sangihe di Tahuna, Selasa (01/01/2023).

Rapat Paripurna ini digelar dalam rangka HUT ke-598 Kabupaten Sangihe.

Pada kesempatan ini pun Wagub Kandouw menyerahkan bantuan Pemprov Sulut untuk masyarakat Sangihe, yang diterima langsung Penjabat Bupati dr Rinny Tamuntuan.

Bantuan berupa beras cadangan pangan sebanyak 15,28 ton beras untuk masyarakat yang terdampak cuaca ekstrem di Sangihe, bansos bahan natura sejumlah 14ribu paket untuk lansia di Kabupaten Sangihe serta bantuan logistik makanan siap saji 350 paket untuk korban banjir di Sangihe.

Kemudian bantuan untuk perwakilan rohaniawan dan kostor sebesar Rp 192.250.000 dan bantuan rohaniawan muslim Rp 17.250.000, bantuan untuk Dedominasi gereja sebesar Rp 32 juta serta bantuan hibah rumah ibadah sebesar Rp 120 juta.

Penyerahan benih jagung 1.125 kg dan 1.000 kilo pupuk untuk 14 kelompok tani mandiri di Sangihe, bantuan bibit cengkih 3000 untuk 10 kelompok dan mesin pangkas rumput yang diserahkan secara langsung oleh Wagub Sulut Steven Kandouw.

Wagub Steven Kandouw mengatakan suatu kehormatan dan kebanggaan bagi dirinya dan Pemprov Sulut yang dapat hadir bersama-sama atas undangan lembaga yang terhormat DPRD Sangihe untuk melaksanakan Rapat Paripurna Istimewa HUT Sangihe ke 598.

“Logika berpikir, umur yang ke 598 itu bukan umur yang muda. Umur yang memiliki rekam jejak yang luar biasa dan sudah menghasilkan insan-insan nusantara yang kiprahnya luar biasa untuk itu sudah sepantasnya kalau kita boleh berbangga.

Boleh tinggi hati sedikit bahwa kita punya flashback, punya sejarah yang luar biasa, karena banyak bangsa-bangsa di dunia ini yang sampai sekarang masih mencari jati diri, mencari tahu rekam jejak nenek moyang bangsanya,” ujar Kandouw.

“Karena itu, atas nama pemerintah dan rakyat Sulawesi Utara mengucapkan Selamat Ulang Tahun ke 598 Kepada Pemerintah dan Masyarakat Kabupaten Kepulauan Sangihe,” kuncinya.

Agenda yang mengangkat tema Dalam Dekapan Kasih Tuhan Kita Beroleh Kekuatan Menghadapi Tantangan Kehidupan di Tahun 2023, dengan subtema Melalui Perayaan Ulang Tahun Daerah Kepulauan Sangihe ke-598 dan Upacara Adat Tulude 31 Januari Tahun 2023, Kita Perkokoh Genggaman Tangan Persatuan dan Sinergitas Produktivitas Untuk Sangihe Maju, Hebat dan Sejahtera.

Hadir dalam rapat paripurna Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Steven Kandouw, Ketua DPRD Provinsi Sulut Fransiscus Andy Silangen, Pj Bupati Kepulauan Sangihe dr Rinny Tamuntuan.

Wali Kota Bitung Maurits Mantiri, Wabup Sitaro John Palandung, Unsur Forkopimda Sangihe, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Sangihe, para Kepala organisasi perangkat daerah (OPD), dan anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Rapat Paripurna tersebut dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Sangihe Josephus Kakondo yang dalam sambutannya mengatakan, peringatan HUT ke 598 ini merupakan momentum untuk mengingatkan akan eksistensi juang para perintis pemerintahan daerah di gugusan Nusa Utara termasuk Kabupaten Kepulauan Sangihe dan telah memberikan kontribusi nyata mewujudkan kemakmuran rakyat demi kejayaan bangsa dan negara.

“Momentum peringatan HUT ini harus menjadi refleksi terhadap apa yang telah dan akan dilakukan demi peningkatan kesejahteraan Nusa Utara, Sulut bahkan NKRI, agar menjadi inspirasi dan motivasi untuk berkarya dan berprestasi demi meraih cita-cita dan harapan masa depan yang lebih baik,” ungkap Kakondo.

Penjabat Bupati dr Rinny Tamuntuan dalam sambutannya mengungkapkan, terima kasih atas perhatian serta dukungan dari Pemprov Sulut, segenap pimpinan dan anggota DPRD, Forkopimda, TNI/Polri, instansi vertikal serta seluruh elemen masyarakat Kabupaten Kepulauan Sangihe, sehingga Kabupaten Sangihe dapat terus berbenah dalam proses pembangunan.

“Lembaga legislatif DPRD Sangihe memiliki peran yang sangat penting, karena itu kami patut memberikan apresiasi dan terima kasih kepada ketua dan wakil-wakil ketua bersama seluruh anggota DPRD yang terdiri dari pimpinan dan anggota fraksi serta komisi juga alat kelengkapan DPRD atas kerjasama yang terbangun selama ini,”ujar Rinny.

Terpantau juga Bupati Rinny menyerahkan bantuan secara simbolis diantaranya, bonus atlit pada Porprov XI di Bolmong yang diserahkan Pj Bupati.

(*/Ain)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *