Hari Sumpah Pemuda, Dandim 1309/Manado Ajak Mahasiswa Poltekes Manado Ikut Bela Negara

Berita570 Dilihat

MANADO Nusantaraline.com – Memperingati Hari Sumpah Pemuda, Komandan Kodim 1309/Manado Kolonel Inf Himawan Teddy Laksono S.I.Kom, M.Tr (Han) memberikan materi dalam kegiatan Bina Karakter pada mahasiswa Program Studi (Prodi) Kesehatan Gigi, Politeknik Kesehatan (Poltekes) Manado, Sabtu (28/10/23).

Dalam pertemuan dengan 52 mahasiswa Poltekes Manado itu, Kolonel Teddy, sapaan akrab Komandan Kodim 1309/Manado, membahas panjang lebar tentang Bela Negara.

“Bela Negara adalah setiap mental dan perilaku warga Negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam kelangsungan hidup bangsa dan Negara,” papar Kolonel Teddy.

Kolonel Himawan Teddy Laksono memaparkan, pembinaan kesadaran Bela Negara menumbuhkan kesadaran bahwa Bela Negara adalah kewajiban dasar manusia. Bela Negara adalah kehormatan bagi setiap warga Negara.

  

“Bela Negara dijamin oleh Undang-Undang. Sehingga kita bangga sebagai Bangsa Indonesia dan bangga membela Negara,” ujar mantan Dandim 1627 Bangli ini.

Dalam kesempatan itu, Kolonel Teddy juga membahas tentang tujuan pertahanan Negara yaitu menjaga dan melindungi kedaulatan Negara, keutuhan wilayah NKRI, dan keselamatan setiap bangsa.

“Sasaran pertahanan Negara adalah mampu menghadapi ancaman, mampu menangani keamanan wilayah maritim, daratan, dan dirgantara. Mampu berperan dalam menciptakan perdamaian dunia berdasar politik bebas aktif, mewujudkan bidang pertahanan yang kuat, mandiri, dan berdaya saing. Selanjutnya adalah mewujudkan WNI yang memiliki kesadaran Bela Negara,” papar dia.

Kolonel Teddy kemudian bicara soal sejumlah ancaman nyata yang dihadapi Negara seperti terorisme dan radikalisme, separatis dan pemberontakan bersenjata, bencana alam dan lingkungan. Kemudian pelanggaran wilayah perbatasan, perampokan dan pencurian Sumber Daya Alam.

“Kemudian wabah penyakit, perang siber dan intelejen, serta peredaran dan penyalahgunaan narkoba,” papar dia.

Himawan Teddy Laksono mengatakan, Negara Indonesia dipertahankan oleh semua pihak mulai dari pelajar, mahasiswa, legislatif, wartawan, dan semua lapisan masyarakat. Untuk itu adik-adik mahasiswa juga berperan dalam Bela Negara untuk menangkal ancaman terhadap Negara.

“Yang pertama memiliki kesadaran tentang Bela Negara. Kemudian apa yang Anda berikan, sumbangsih terhadap Negara? Tentu sesuai dengan bidang masing-masing,” papar Kolonel Teddy.

Selama 1 jam memaparkan materi, Kolonel Teddy juga aktif berinteraksi dengan puluhan mahasiswa, bahkan memotivasi mereka. Hal ini membuat para mahasiswa begitu antusias mengikuti materi yang diberikan.

Ketua Panitia Bina Karakter Prodi Kesehatan Gigi Poltekes Manado Leon Rumate mengapresiasi kehadiran Dandim 1309/Manado yang telah menyampaikan materi terkait Bela Negara. Menurutnya, hal itu sangat penting untuk membekali pengetahuaan, karakter dan perilaku mahasiswa.

“Harapan mahasiswa dapat mengetahui soal Bela Negara, dan jiwa nasionalisme yang tinggi bagi bangsa dan Negara,” ujar Leon Rumate.

Dia mengatakan, Bela Negara sangat penting bagi mahasiswa agar mereka dapat menyadari, dan melihat bagaimana tugas dan tanggungjawab sebagai warga Negara.

Di sesi akhir, puluhan mahasiswa begitu antusias bahkan berebutan untuk foto bersama dengan Kolonel Inf Teddy. Dengan sabar, dia melayani satu per satu permintaan foto bersama para mahasiswa.

(*/ain)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *