HUT Sulut ke-59 Meriah, Atraksi Pesawat Tempur, ODSK Terima Brevet dan Ucapkan Terima Kasih ke Warga Sulut

Headline, Pemerintahan1191 Dilihat

MANADO Nusantaraline.com – Puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-59 Provinsi Sulut berlangsung meriah, di gelar di area Pohon Kasih kawasan Megamas Manado, Sabtu (23/9/2023).

Diawali dengan upacara HUT ke-59 Provinsi Sulut. Dimana Gubernur Provinsi Sulut Prof Dr (HC) Olly Dondokambey bertindak sebagai inspektur upacara.

Menariknya dalam upacara ini, para pejabat dan tamu undangan, mengenakan pakaian adat daerah. Baik pakaian adat Minahasa, pakaian adat Nusa Utara dan pakaian ada Bolaang Mongondow.

Setelah itu, dilanjutkan parade kapal layar dan marching band, atraksi pesawat tempur F-16 milik TNI AU dan Pesawat siluman F-35 milik Australia serta atraksi pesawat Bonanza milik TNI-AL di langit Provinsi Sulut.

Atraksi tersebut menyita perhatian masyarakat Sulut. Banyak masyarakat yang mengambil gambar untuk mengabadikan moment langkah tersebut. Karena pesawat siluman tersebut terbang sangat rendah dengan gerakan akrobatik.

Sebelumnya Gubernur Sulut Olly Dondokambey dalam sambutannya menegaskan, menghadapi cakrawala yang luar biasa, dalam gemuruh ombak dan nyanyi angin yang menari, bersyukur atas berkat Tuhan. Membuka lembaran baru melangkah di usia 59 tahun Provinsi Sulut.

“Sulut telah mengalami perkembangan yang signifikan di berbagai sektor mulai dari perekonomian, pendidikan hingga infrastruktur.

Namun kita harus selalu ingat bahwa perjalanan ini masih jauh dari perjuangan para pendahulu kita,” ujarnya.

Menurut Gubernur Olly, peringatan HUT ini menjadi momentum tepat untuk merefleksikan pencapaian serta melihat tantangan dan peluang di depan.

Gubernur Olly juga memaparkan sederet capaian Sulut di berbagai sektor, antara lain ekonomi, pariwisata, industri, pendidikan, kesehatan dan infrastruktur.

Dalam bidang spiritual, Gubernur Olly mengatakan pembangunan 1.300 rumah ibadah yang baru berdampak signifikan bagi pertumbuhan iman.

“Pembangunan ini pun menjadikan Sulut mendapat prestasi sebagai provinsi yang memiliki toleransi paling tinggi di tingkat nasional,” ucapnya.

Provinsi Sulut juga mendapatkan nilai positif dari BPS, di mana Nilai Tukar Petani meningkat setiap tahunnya. Capaian ini menandakan peningkatan ekonomi di Sulut telah dirasakan sampai ke pelosok desa.

“Semua pencapaian ini adalah bukti nyata dari kerja keras kita dalam komitmen untuk Sulawesi Utara yang lebih maju,” ungkapnya.

Terkait seluruh capaian ini, Gubernur Olly mengapresiasi peran Forkopimda dan Stakeholder Sulut atas sinergitas kuat dan konsisten dalam menjaga keamanan di Sulut.

Gubernur Olly juga berterima kasih kepada seluruh masyarakat bumi nyiur melambai.

“Mari kita bersama menjalani dengan tekad dan semangat tak tergoyahkan. Kami berterima kasih kepada seluruh masyarakat Sulut, tetap bersama menjaga dan membawa Sulut, menjadi destinasi pariwisata terbaik di Indonesia,” ungkapnya.

“Terima kasih atas sinergitas dan totalitas dalam pembangunan daerah dan bangsa. Kerja hebat untuk Sulut lebih maju,” tukas Gubernur Olly.

Dalam kesempatan itu juga, Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw (ODSK) menerima Brevet Kehormatan Keluarga Besar AL dan Piagam Penghargaan dari TNI AL.

Selamat datang di Keluarga Besar Angkatan Laut (AL) Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw,” kata Panglima Komando Armada II (Pangkoarmada II) Laksamana Muda TNI Yayan Sofiyan ST MSi CHRMP MTr.Opsla, saat menyematkan Brevet Kehormatan di sela-sela peringatan HUT ke-59 Provinsi Sulut, di Pohon Kasih Kawasan Megamas.

“Lazimnya Brevet  ini diberikan kepada prajurit AL yang sudah menempuh penugasan minimal selama 2 Tahun diatas kapal perang. Atau bagi Prajurit-prajurit yang memiliki expertise, yaitu sebagai Principal warfare officer dalam taktik pertempuran peperangan kapal lepas air,” katanya.

Lanjut dikatan Yayan Sofiyan, Pimpinan TNI AL bersyukur dan dengan rasa bangga, menyematkan Brevet kepada Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw.

“Ini sebagai persembahan, sebagai penghormatan, Kompi Putih (TNI AL) terhadap pembangunan kelautan dan kemaritiman serta sinergitas,” ungkapnya.

Sementara itu Gubernur Olly mengatakan, tentunya Brevet ini menjadi suatu tanda pengakuan bahwa pemerintah dan TNI selalu bekerja bersama-sama untuk menjaga keamanan maupun meningkatkan perekonomian di Sulawesi Utara.

“Termasuk pada saat covid 19 lalu, peran TNI dalam penanganan covid 19, kita bersama-sama dengan TNI begitu gencar datang ke pelosok-pelosok Sulut,” tukasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Kepala Staf TNI AL (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Porwono bersama jajaran,  Wagub Steven Kandouw dan Sekprov Steve Kepel bersama para jajaran asisten serta kepala perangkat daerah Pemprov Sulut, Forkopimda dan masyarakat.

Ketua TP-PKK Provinsi Sulut Ibu Rita Dondokambey Tamuntuan, Wakil Ketua TP-PKK Sulut dr Devi Kandouw Tanos, Mantan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut.

Hadir juga Konjen Filipina di Manado, Dubes Taiwan, anggota DPRD Provinsi Sulut, para Rektor dan Direktur Perguruan Tinggi di Sulut, para Kepala Daerah se-Sulut, Kepala Perwakilan BI, Ketua KPN dan Bawaslu Provinsi Sulut, para Tokoh Adat dan Tokoh Agama.

(Advetorial)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *