Kodam XIII/Merdeka Gelar Sholat Idul Adha 1444 H/2023

Daerah, Headline428 Dilihat

MANADO Nusantaraline.com – Kodam XIII/Merdeka menggelar Sholat Idul Adha 1444 H/2023 M bersama masyarakat di lapangan Upacara belakang Makodam, Jalan 14 Februari Teling Atas Wanea Kota Manado, Kamis (29/6/2023).

Pelaksanaan Sholat Idul Adha 1444 H di Makodam XIII/Merdeka diikuti kurang lebih 1.500 orang jamaah, terdiri dari anggota dan keluarga besar prajurit Kodam XIII/Merdeka serta warga masyarakat di sekitar Makodam.

Bertindak sebagai Imam, Letda Inf Sudirman dari satuan Rindam XIII/Merdeka dan sebagai Khatib Dr. Franki Ahmad Soleiman, M. HI yang merupakan Dosen dari IAIN Manado.

Tema Idul Adha 1444 H/2023 M adalah “Jadikan Idul Adha 1444 H/2023 M Sebagai Sarana Peningkatan Ketaqwaan dan Kepedulian”.

Dalam ceramahnya Khatib Dr. Franki Ahmad Soleiman, M. HI menguraikan bahwa hikmah dibalik rangkaian peristiwa pengorbanan paling besar sepanjang sejarah yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim bersama keluarganya. Dijelaskannya bahwa salah satu hikmah dengan adanya penyembelihan hewan-hewan Qurban memberikan makna manusia harus dapat menghilangkan sifat-sifat hewani yang ada dalam diri masing-masing.

Selain itu, Khotib juga mengajak kepada umat Islam untuk mengambil hikmah dan makna dari peringatan hari raya Idul Adha atau yang juga dikenal dengan hari raya kurban atau hari raya haji, dimana setiap muslim hendaknya senantiasa tulus, ikhlas dan rela berkorban serta menjadikan perayaan Idul Adha sebagai momentum untuk melakukan evaluasi, instrospeksi dan mawas diri terhadap semua yang telah dilakukan selama ini. Umat muslim hendaknya mampu meneladani Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail AS, yang rela mengorbankan hanya untuk Allah SWT dan tidak mudah terpengaruh oleh bujukan setan.

Usai sholat dan khotbah Idul Adha dilanjutkan dengan penyerahan dan penyembelian hewan korban oleh Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Denny Tuejeh dan Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI M. Luthfie Beta, S. Sos., M.Si., kepada Panitia Korban dari Bintaljarahdam XIII/Merdeka, yang bertempat di Masjid Nurul Birri Makodam XIII/Merdeka.

Hewan korban yang terkumpul sebanyak 9 ekor diantaranya 5 ekor sapi yang berasal Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., Pangdam XIII/Merdeka, Kasdam XIII/Merdeka, Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE, dan Bank BRI Cabang Manado, sedangkan hewan kurban lainnya sebanyak 4 ekor kambing, yang berasal dari pejabat di lingkungan Kodam XIII/Merdeka.

Usai penyerahan hewan kurban dilanjutkan engan pemotongan hewan kurban yang di saksikan oleh semua yang hadir. Dengan iringan kumandang takbir semua hewan korban dipotong dan selanjutnya dibagi-bagikan kepada warga masyarakat yang berhak menerimanya, baik kepada fakir miskin secara perorangan maupun melalui yayasan yang lebih membutuhkan.

Turut hadir dalam Sholat Idul Adha 1444 H/2023, Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI M. Luthfie Beta, S. Sos., M.Si., Irdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Denny Masengi, para Asisten dan Komandan/Kabalakdam XIII/Merdeka serta para prajurit dan ibu-ibu persit KCK Daerah XIII/Merdeka yang beragama muslim.

(*/ain)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *