Mahasiswa UKM Kewirausahaan Politenik Negeri Manado Adakan Pelatihan dan Sosialisasi P2MD Budidaya Tanaman Hidroponik Teknologi Panel Surya di Desa Budo

Mengatasi Ketahanan Pangan

Berita, Headline, Manado1163 Dilihat

MANADO Nusantaraline.com – Mahasiswa UKM Kewirausahaan Politeknik Negeri Manado mengadakan pelatihan dan sosialisasi Program Pemberdayaan Masyarakat Desa (P2MD) budidaya tanaman hidroponik menggunakan teknologi panel surya di Desa Budo, Kec. Wori Kab. Minahasa Utara (Minut) Sabtu (28/11/23).

Kegiatan P2MD merupakan kegiatan program pemberdayaan masyarakat yang diselanggarakan oleh Direktorat Jendral Pendidilan Vokasi, Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, riset dan teknologi dalam rangka membantu masyarakat di suatu Desa dalam mengembangkan sumber daya manusia melalui ormawa disetiap kampus yang ada di seluruh Indonesia.

Melalui kegiatan P2MD, Politeknik Negeri Manado mengutus mahasiswa UKM kewirausahaan berjumlah 10 orang yang di Ketuai oleh Brigitha Injilia Thesalonica yang merupakan mahasiswa jurusan pariwisata dan di bawah bimbingan Jeanlly  Solang, S.pi, M.Si  selaku Dosen pendamping l, untuk membantu masyarakat Desa Budo yang berada di Kecamatan Wori Kabupaten Minahasa Utara, dengan membudidayakan tanaman hidroponik menggunakan teknologi panel surya.

Dikatakan Ketua Brigitha Injilia Thesalonica, tujuan dari program tersebut yakni mengatasi masalah ketahanan pangan yang ada, memberikan perubahan masyarakat dalam meningkatkan sumberdaya manusia dan mampu menciptakan peluang usaha bagi masyarakat.

“Sedangkan manfaat dari program ini  adalah mampu menggunakan teknologi panel surya, sehingga memberikan suatu lingkungan pertumbuhan yang lebih terkontrol, lebih efisien, mampu mendayagunakan air, nutrisi, pestisida secara nyata lebih, dibandingkan dengan kultur tanah, dan juga masyarakat tidak perlu mencari pemasok sayur dari luar sehingga masyarakat dapat menghasilkan sayur dari tanaman hidroponik,” paparnya.

Lanjut dikatakan Brigitha, kegiatan sosialisasi dan pelatihan, tidak hanya melibatkan masyarakat Desa Budo saja seperti perangkat desa, tetapi kami juga mengundang pimpinan-pimpinan Politeknik Negeri Manado yakni Direktur, wakil direktur, dan pimpinan jurusan administrasi bisnis dan pariwisata.

“Kami juga mengajak volunteer agar kedepannya program P2MD ini bisa berkelanjutan,” tandasnya.

(Ain)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *