Mendukung Acara Adat Perdamaian Distrik Kalome, Satgas 712/Wiratama Bagikan Sembako

Daerah, Headline, Nasional436 Dilihat

PUNCAK JAYA Nusantaraline.com – Masyarakat dari berbagai wilayah pegunungan Papua, berkumpul untuk mengadakan pembukaan acara adat perdamaian diwilayah tersebut setelah penantian yang cukup lama yaitu 6 tahun, di Distrik Kalome Kabupaten Puncak Jaya, Rabu (2/8/23).

 

Dalam kesempatan itu, Satgas Raider 712/Wiratama berbaur bersama warga dan memberikan sembako, seperti bahan makanan pada acara yang disebut ‘Bakar Batu’ itu, yakni berupa beras, mie, kopi dan gula serta sarana penggalangan seperti rokok anggur kupu dan permen.

Diketahui perang suku Distrik Kalome ini sudah terjadi sejak 2017 silam, antara Kampung Kalome Atas dan Kalome Bawah. Setelah sekitar 6 tahun, barulah diadakan acara perdamaian antara pihak yang berselisih. Dalam hal ini Satgas khususnya Pos Kalome turut memprakarsai perdamaian ini.

“Saya turut bergembira, pada akhirnya acara adat tradisi ‘Bakar Batu’ dalam rangka perdamaian di Distrik Kalome dapat terlaksana. Kami dari satgas memberikan sembako untuk digunakan oleh warga dalam acara ini, semoga dapat bermanfaat dan kami berharap tidak ada lagi perselisihan antar kampung lagi dimasa mendatang,” ujar Dansatgas Letkol Inf Madiyan Surya, S.Hub.Int., M.Han.

“Wah wah wah. Bapak Komandan, bapak Danpos, anak-anak TNI semua banyak terima kasih selalu bantu untuk acara damai. Pos Kalome ini beda dari pos yang dulu-dulu. Selalu bantu ada warga susah bantu, semua bantu, di gereja -gereja juga bantu, baik sekali. Wah wah wah wah,” ucap Bapak Persmin Wonda selaku Gembala Gereja Kalome.

(*/ain)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *