Momen Idul Adha 1444 H, Pangdam XIII/Merdeka Bagikan Hewan Qurban Bagi Warga Kurang Mampu

Daerah, Headline811 Dilihat

MANADO Nusantaraline.com – Panglima Kodam (Pangdam) XIII/Merdeka Mayjen TNI Alfret Denny Tuejeh didampingi Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI M. Luthfie Beta, S, Sos dan yang mewakili Gubernur Sulut Olly Dondokmbey yakni Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Pemprov Sulut Dr. Drs Asripan Nani M.Si, menyerahkan hewan qurban Idul Adha 1444 H/2023 M bagi warga Kodam XIII/Merdeka dan masyarakat sekitar, bertempat di halaman Masjid Kodam XIII/Merdeka, Kamis (29/6/23) pagi.

Pangdam Tuejeh juga turut menyaksikan penyembelihan hewan qurban yang dilakukan oleh Panitia Qurban Kodam XIII/Merdeka, yakni sebanyak 5 ekor sapi dan 4 ekor kambing.

Diketahui, ke 5 ekor sapi tersebut merupakan pemberian dari Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono sebanyak 1 ekor, Pangdam Tuejeh 1 ekor, Gubernur Sulut Olly Dondokambey 1 ekor, Kasdam Luthfie Beta 1 ekor dan dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) 1 ekor.

Pangdam Tuejeh pun berharap momen perayaan Idul Adha Tahun 2023 ini lebih meningkatkan rasa solidaritas dan kepedulian sosial.

“Kita berharap ini bisa menjadi kepedulian nasional, solidaritas nasional dan akhirnya bisa memupuk rasa persatuan negara ini,” ucapnya.

Mudah-mudahan dengan perayaan Idul Adha ini, kita semua, bukan hanya yang beragama Muslim saja tapi seluruh rakyat Indonesia, terutama masyarakat Sulawesi Utara kiranya kita lebih mendekatkan diri kepada Tuhan.

“Saya berharap juga, kiranya bantuan daging hewan qurban yang dibagikan di momen Idul Adha 1444 H ini bisa bermanfaat bagi mereka yang menerima,” tukas Jendral Bintang 2 ini.

Sementara itu, Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI M. Luthfie Beta, S, Sos mengungkapkan salah satu makna dari berkurban adalah berusaha menghilangkan sifat-sifat kebinatangan yang ada pada diri manusia. Sifat-sifat itu pula, dengan mengutip pendapat ahli, kemudian manusia disebut sebagai animal educated.

“Sebenarnya kita ini punya sifat-sifat kebinatangan yang kalau tidak dididik barangkali dengan binatang pun bisa lebih berharga binatang,” ujarnya, sembari mengatakan, itulah makna berkurban.

Kasdam juga menambahkan, daging kurban akan langsung disalurkan kepada kaum dhuafa, fakir miskin, orang-orang yang kurang mampu, dan yang berhak di sekitar Kodam XIII/Merdeka.

(Ain)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *