Momen Idul Adha 1445 H, Kodam XIII/Merdeka Gelar Sholat Bersama dan Bagikan Hewan Qurban

Daerah, Headline471 Dilihat

MANADO Nusantaraline.com – Kodam XIII/Merdeka menggelar sholat  Idul Adha 1445 Hijriah di Lapangan Makodam XIII/Merdeka, Senin (17/06/2024).

Sholat Idul Adha diikuti  oleh Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Candra Wijaya dan Ketua Persit KCK Daerah XIII/Merdeka Ny Fenty Candra Wijaya beserta keluarga besar Kodam XIII/Merdeka dan umat Muslim yang tinggal di sekitar Markas Kodam XIII/Merdeka.

Pelaksanaan sholat Idul Adha 1445 H/2024 M kali ini mengusung tema “Semangat Berkurban Untuk Ketaatan dan Kepedulian Kepada Sesama”.

Bertindak sebagai Imam sekaligus Khotib Hamka Dondo yang membawakan ceramah tentang hakekat kurban membunuh sifat sifat hewaniyah dalam diri seorang muslim.

Usai sholat, dilanjutkan dengan pemotongan hewan kurban di halaman Masjid Nurul Birri yang berada di komplek Makodam XIII/Merdeka.

Total ada delapan ekor sapi dan satu ekor kambing yang dipotong pada Idul Adha tahun ini.

Panglima Kodam XIII/Merdeka Mayjen TNI Candra Wijaya dalam sambutannya menaikkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya, sehingga pada hari ini segenap warga Muslim Kodam XIII/Merdeka dapat melaksanakan sholat Idul Adha di lapangan Makodam, bersama-sama dengan umat islam yang tinggal di sekitar markas kita dengan tertib, lancar dan aman.

“Hari Raya Idul Adha, atau juga dikenal dengan Hari Raya Qurban, mengingatkan umat Nabi Muhammad SAW, bahwa harta di dunia ini hanyalah sekadar titipan dari Sang Maha Kuasa,” ujar Pangdam Candra Wijaya.

Pangdam melanjutkan, hari raya Idul Adha ini juga merupakan wujud keikhlasan dari umat manusia untuk berbagi dengan sesamanya melalui pembagian daging hewan qurban.

“Dan dengan proses penyembelihan hewan kurban ini yang disertai dengan doa, diharapkan nantinya menjadi simbol terbuangnya

kesombongan dan nafsu manusia

dari harta benda duniawi,” ujarnya.

Atas nama Prajurit dan PNS serta segenap Umat Islam warga Kodam XIII/Merdeka, Pangdam Candra Wijaya menyerahkan hewan qurban kepada Panitia Penyembelihan hewan qurban untuk disembelih dan didistribusikan dagingnya kepada yang berhak menerima termasuk prajurit.

“Saya berharap keikhlasan berkurban ini dapat diaktualisasikan oleh seluruh prajurit dan PNS Kodam XIII/Merdeka dalam  pelaksanaan tugas sehari-hari melalui semangat rela berkorban demi satuan, manusia, bangsa dan negara,” pungkasnya.

Turut hadir dalam pemotongan kurban; Kasdam, Kapoksahli, dan Pjs Irdam XIII/Merdeka, Para Asisten, Pamen Ahli, Irut, LO AL dan LO AU serta para Dan/Ka Balakdam XIII/Merdeka, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah XIII/Merdeka beserta Wakil Ketua dan Pengurus, dan para prajurit dan PNS Kodam XIII/ Merdeka.

(Ain)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *