Pangdam XIII/Merdeka Pimpin Apel Gelar Pasukan Pam VVIP Kunker Presiden RI di Sulut

Daerah, Headline663 Dilihat

MANADO Nusantaraline.com – Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Legowo W.R. Jatmiko, S.I.P., M.M., memimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan VVIP Kunjungan Kerja Presiden RI Joko Widodo di Sulawesi Utara bertempat di Lapangan Mapomdam XIII/Merdeka, Teling Bawah, Manado, Sulawesi Utara, Rabu (27/12/2023).

Apel gelar pasukan bertujuan untuk mengecek kesiapan Satuan Tugas Pengamanan (Satgaspam) VVIP, baik personel, materiil maupun sarana pendukung lainnya, sehingga kunjungan Presiden Jokowi di Sulut ini dapat berjalan dengan tertib, lancar dan aman.   

Adapun Kunjungan kerja Jokowi di Sulut ini adalah untuk meresmikan pengoperasian sinyal 4G BTS (Base Transceiver Station) dan akses Internet di Kabupaten Kepulauan Talaud dan seremoni On Air Stasiun Bumi Satria-1 Manado di Matungkas Kabupaten Minahasa Utara.

Pangdam dalam Amanatnya menyampaikan bahwa, mari kita tunjukkan kalau TNI, Polri dan Pemerintah Daerah serta Instansi terkait lainnya di Sulut mampu bersinergi dengan baik dan bekerja secara profesional dalam mensukseskan tugas pengamanan VVIP ini.

“Untuk itu harus diyakinkan bahwa kita mampu menjamin keamanan bapak Presiden RI dan rombongan selama berada di wilayah kita ,” ucap Mayjen TNI Legowo.

“Ingat, tugas ini adalah sebuah kehormatan dan dipercayakan kepada kita semua,” sambungnya.         

Sebelum mengakhiri Amanatnya Pangdam menekankan beberapa hal yakni : Pertama, laksanakan tugas ini dengan penuh rasa tanggung jawab sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya masing-masing. Kedua, pegang teguh disiplin dan Prosedur Tetap (Protap) serta aturan pelaksanaan pengamanan VVIP, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan. Ketiga, hindari tindakan yang bersifat arogan, namun tetap tegas secara terukur. Keempat, lakukan koordinasi dan komunikasi antar satuan serta lintas sektoral, sehingga apapun yang terjadi dapat diselesaikan secara cepat, tepat dan tuntas. Kelima, waspadai dan antisipasi setiap kemungkinan ancaman, hambatan dan gangguan dengan saling memberikan informasi.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Pejabat Utama (PJU) Kodam XIII/Merdeka, Polda Sulut, Lantamal, Lanudsri, Korem 131/Santiago dan jajaran Staf Gubernur Sulut.

(*/Ain)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *