Pangdam XIII/Merdeka Tanda Tangani Kerjasama dengan PT Pelindo Regional IV Manado tentang pengoperasian Dermaga Sat Ang Air Bekang

Daerah, Headline632 Dilihat

MANADO Nusantaraline.com – Kodam XIII/Merdeka melakukan Penandatanganan Perjanjian dengan Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional IV Manado, tentang Penyiapan Kerjasama Pengelolaan Fasilitas Dermaga Sat Ang Air Bekangdam XIII/Merdeka, Kamis (15/6/23).

Dalam kesempatan itu, Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Alfret Denny Tuejeh mengungkapkan syukur atas kegiatan tersebut.

“Kita semua tentunya berharap bahwa penandatanganan kerjasama hari ini dapat segera ditindaklanjuti dan nantinya benar-benar bermanfaat, baik mendukung pemerintah mengoptimalkam aset BMN dalam rangka meningkatkan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), bagi PT Pelindo Regional IV, untuk meningkatkan pelayanan publik, khususnya bagi pengguna jasa pelabuhan/dermaga, maupun bagi Kodam XIII/Merdeka untuk pembinaan teritorial,” ucap Pangdam Tuejeh.

Pada intinya, lanjut Pangdam Tuejeh, Kodam XIII/Merdeka berkomitmen untuk mendukung program-program pembangunan nasional, menjalin sinergitas dan kerjasama dengan instansi pemerintah, lembaga terkait, ataupun pemerintah daerah.

“Serta akan selalu mendukung dan berupaya dalam mengatasi kesulitan rakyat di sekitarnya, antara lain dengan mengoptimalkan aset BMN yang dimiliki satuan Kodam XIII/Merdeka, yakni Dermaga Sat Ang Air Bekang, agar memiliki nilai guna serta meningkatkan perekonomiam daerah,” ucapnya.

Pangdam pun berharap, agar instansi dan lembaga terkait bisa mendukung perjanjian ini.

“Kami tentunya berharap, bahwa instansi dan lembaga terkait lainnya maupun pemerintah daerah turut mendukung perjanjian ini, sehingga kerjasama yang dilaksanakan dapat berhasil dan mencapai tujuan yang diharapkan,” tukas Pangdam Tuejeh.

Sementara itu, General Manager (GM) PT Pelindo IV Cabang Manado Rudi Lontaan mengungkapkan bahwa penandatanganan perjanjian ini merupakan langkah awal untuk pengoperasian Dermaga Sat Ang Air Bekang Kodam XIII/Merdeka.

“Mungkin agak ribet untuk pengurusan izin-izinnya tapi ini merupakan langkah awal untuk kerjasama. Selama belum ada tanda tangan kerjasama dari pihak Pangdam dengan pihak PT. Pelindo tentunya ini tidak akan terlaksana,” katanya kepada wartawan usai kegiatan.

Dengan terwujudnya penandatanganan kerjasama ini, maka setelah ini kami akan bersama-sama dengan pihak Kantor Kesyahbandaran Dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Manado, pihak dari Kodam XIII/Merdeka akan ke Kementrian terkait untuk mengurus perizinan ini.

“Sehingga pelabuhan Sat Ang Air ini bisa di operasikan secara komersil,” harapnya.

Dengan kerjasama ini juga, Lontaan mengungkapkan telah membantu misi dari PT. Pelindo untuk memperlancar penyaluran logistik.

“Kami bersyukur karena pihak Kodam XIII/Merdeka telah membantu misi dari pelabuhan, misi dari PT.Pelindo yaitu kami ingin memperlancar logistik yang ada di Kota Manado ini, penyaluran-penyaluran barang dari Kota Manado ke beberapa pulau, tentunya akan lancar dengan dibukanya pelabuhan Dermaga Sat Ang Air tersebut,” tukas Lontaan.

Turut hadir, mewakili Kapolda Sulut, Kajati Sulut, Kasdam XIII/Merdeka, Irdam, Kapoksahli Pangdam XIII/Merdeka, Danrem 131/Stg, Danlantamal VIII/Manado, Kabakamla Zona Maritim Tengah, Kepala KPKNL Manado, Kepala Distrik Navigasi Kelas 1 Bitung, Kepala KSOP Kelas III Manado dan Kadis Perhubungan Sulut serta Para Asisten dan Kabalakdam XIII/Merdeka.

(Ain)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *