Rapim TNI-Polri di Kodam XIII/Merdeka Bahas Pemilu, Sinergitas Hingga Krisis Global

Daerah, Headline878 Dilihat

MANADO Nusantaraline.com – Kodam XIII/Merdeka menggelar Rapat Pimpinan (Rapim) TNI Polri yang dilaksanakan di Aula Makodam XIII/Merdeka, Selasa (7/3/2023).
Rapim tersebut diselenggarakan dalam rangka menindak lanjuti Rapim TNI Polri di Jakarta, pada 8 Februari 2023 silam.

Kegiatan Rapim TNI Polri dibuka oleh Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Denny Tuejeh, dalam kesempatan itu, Pangdam Tuejeh mengatakan bahwa, masalah politik bagi Indonesia memang hal yang penting bagi semua kalangan, baik periode satu atau dua tahun ini.

“Karena kita menuju ke tahun politik 2024 yang tahapannya sudah dimulai,” ujarnya.

Pangdam XIII/Merdeka berharap pesta demokrasi yang akan datang dapat berjalan dengan lancar, sehingga menghasilkan produk-produk politik yang berkualitas dan berdasarkan legislasi, sehingga pemerintah Sulut, Sulteng dan Gorontalo serta Kabupaten Kota dapat menjalankan roda pemerintahan dengan baik.

“Menjaga kualitas produk politik dan netralitas ini menjadi komitmen bagi TNI Polri, dengan jalan mengawal dan mengawasai proses perpolitikan agar dapat berjalan dengan baik,” ucapnya.

Selain itu Mayjen Tuejeh juga menambahkan bahwa, di tengah resesi di tahun politik ekonomi, Indonesia masih tetap tumbuh, Indonesia termasuk salah satu negara yang di prediksi hampir tidak terpengaruh oleh resesi ekonomi secara global. ”

“Sulawesi termasuk salah satu pulau yang ekonominya tumbuh di atas rata-rata secara Nasional,” ungkapnya.

Diketahui, Salah satu tujuan Rapim adalah untuk menyamakan Visi dan Misi, persepsi, sinergitas serta adanya kesepakatan pengambilan langkah dilapangan, terutama para Dandim dan para Kapolres bisa berkomunikasi, berkoordinasi secara baik dan solid.

Untuk itu Pangdam berharap tidak hanya slogan yang sering kita dengungkan.

“Tetapi mari kita lakukan tugas masing-masing TNI AD, AL, AU dan Polri untuk mengawal semuanya dan meningkatkan sinergitas kita dilapangan,” tukasnya.

Dalam acara tersebut Kapolda Sulut, Kapolda Sulteng dan Kapolda Gorontalo juga memberikan pengarahan terkait tahapan pemilu dan pilkada serentak 2024, situasi keamanan di wilayahnya masing-masing serta Ketua KPU dan Ketua Bawaslu Provinsi Sulut juga memberikan pengarahan tentang tahapan pemilu dan kesiapan KPU dalam pemilu 2024 serta tugas bawaslu dalam mengawasi dalam penyelenggaraan pemilu 2024.

Dalam kesempatan yang sama juga digelar dialog atau tanya jawab dengan moderator Wakabintaljarahdam XIII/Merdeka Letkol Inf Juberth Nixon Purnama, S. Th yang membahas kesiapan mengawal tahapan pemilu dan pilkada serentak 2024 serta mengamankan agenda nasional 2023 dalam mendukung peningkatan produktivitas untuk transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

Diakhir acara dilanjutkan dengan pemberian bingkisan tali asih nutrisi tambahan kepada anak asuh stunting binaan Kodam XIII/Medeka sebanyak 75 anak stunting, yang diserahkan oleh Pangdam XIII/Merdeka, Kapolda Sulut, Kapolda Sulteng, Kapolda Gorontalo, Danlantamal VIII/Manado dan Danlanudsri Manado.

Acara Rapim diikuti oleh Kapolda Sulut Irjen Pol Drs. Setyo Budiyanto, S.H., M.H., beserta jajarannya, Kapolda Sulteng Irjen Pol. Drs. Rudy Sufahriadi, Kapolda Gorontalo Irjen. Pol. Helmy Santika, S.H., S.I.K., M.Si., Danlantamal VIII/Manado Laksma TNI Nouldy J. Tangka, Danlanudsri Marsma Muhammad Mujib, S.E., M,M., Irdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Denny Masengi, Danrem 131/Stg Brigjen TNI Mukhlis, Danrem 132/Tdl Brigjen TNI Toto Nurwanto, S.I.P., M.Si., Danrem 133/NW Brigjen TNI Totok Sulistyono, S.H., M.M, M.I.P., Kapoksahli Pangdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Drs. Theodorus Kawatu, Ketua KPU Sulut Meidy Yafeth Tinangon, Ketua Bawaslu Sulut Ardiles M. R Mewoh dan dihadiri Asisten I Pemprov Sulut Denny Mangala, Kasat Pol PP Sulut Farly Kotambuban serta para Dansat TNI jajaran Kodam XIII/ Merdeka dan para pejabat Kapolres di jajaran Polda Sulut.

(ain)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *