Satgas 712/Wiratama Uji Coba Pengembangan Budidaya Ikan Mas

Mendapat Dukungan Bibit dari Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Puncak Jaya

Daerah, Headline544 Dilihat

PUNCAK JAYA Nusantaraline.com – Dalam rangka turut memajukan sektor perikanan di wilayah Kabupaten Puncak Jaya, Satgas Pamtas RI-PNG Kewilayahan Yonif R 712/Wiratama bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan Perikanan. Perwakilan Dinas pun mendatangi Kotis Satgas dan memberikan 200 ekor bibit ikan Mas beserta 30 kg pakan ikan kepada pihak satgas, Selasa, (23/5/ 2023) hari ini.

Dinas Pertanian dan Perikanan yang diwakili oleh Kepala Bidang Perikanan berkunjung ke Kotis Satgas yaitu di Distrik Pagaleme dengan membawa satu kantong plastik besar berisikan bibit ikan mas beserta pakan ikan untuk satgas.

Sumbangan ini merupakan bentuk dukungan pemerintah setempat terhadap upaya satgas untuk menjadi contoh dalam mempelopori budidaya ikan Mas di Kabupten Puncak Jaya. Bibit ikan diterima oleh Dansatgas dan akan dibudidayakan di kolam ikan Kotis.

Dalam kesempatan yang baik itu pula Agustinus Karangan, S.Pi selaku Kepala Bidang Perikanan menyampaikan, bahwa ini merupakan hal baru dan patut dicoba.

“Kami sangat mendukung program dari Satgas 712/Wiratama. Harapan kami kedepan agar masyarakat mencontoh budidaya ikan mas milik satgas, sehingga sektor perikanan khususnya ikan hias akan digemari masyarakat Papua di Kabupaten Puncak Jaya,” harapnya.

Sebelum kembali, Dansatgas pun memberikan seekor anak anjing jantan sebagai bentuk terima kasih dari satgas terhadap bibit ikan yang telah disumbangkan untuk satgas. Dengan ini kolam satgas sudah terisi oleh ikan-ikan Mas kecil yang akan dibudidayakan dan dilestarikan di kolam Kotis.

“Kami dari satgas berinisiatif mencoba mengembangkan budidaya Ikan Mas. Harapan kami dapat menjadi percontohan di Kabupaten ini. Apabila budidaya ini berhasil, maka kami akan mengembangkan lebih lanjut untuk hasil yang lebih baik,” ujar Dansatgas Letkol Inf Madiyan Surya, S.Hub.Int., M.Han.

“Saya mengucapkan terima kasih banyak kepada pihak Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Puncak Jaya yang telah mendukung kami berupa bibit ikan mas beserta makanannya. Hal ini sangat bermanfaat bagi program kami kali ini,” sambung Dansatgas.

Sementara itu, Kepala Bidang Perikanan, Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Puncak Jaya, Agustinus Karangan, S. Pi mengatakan, Kebetulan Kotis Satgas Wiratama berada disamping kantor Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Puncak Jaya.
Dan kami melihat di Kotis Satgas ada beberapa kolam ikan dan mereka akan mencoba membudidayakan ikan hias.

“Kami sangat mendukung program ini, oleh karena itu kami memberikan 200 ekor bibit ikan Mas untuk dipelihara dan dikembangkan. Semoga dapat bermanfaat di masa mendatang dan dapat menjadi contoh bagi masyarakat Puncak Jaya dalam upaya budidaya Ikan Mas,” tandas Agustinus.

(*/ain)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *