Sidak RSJ Ratumbuysang, Pasien ODGJ Puji Pelayanan RS Didepan Wagub Kandouw

MANADO Nusantaraline.com – Untuk memastikan pelayanan kesehatan, Wakil Gubernur (Wagub) Sulut Steven OE Kandouw melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Ratumbuysang di Desa Kalasey Dua, Kabupaten Minahasa, Senin (8/5/2023).

Selain melihat penerapan pelayanan, Wagub Steven Kandouw juga berinteraksi dengan para pasien. Ia dibuat kaget mendengar testimoni para pasien yang sebagian besar merupakan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

“Tidak disangka, pasien pun memberikan testimoni sendiri yang di luar dugaan terkait pelayanan kesehatan yang sangat baik,” terangnya.

Wagub pun melontarkan pertanyaan kepada pasien. “Makanan di sini mantap?,” tanya wagub. “Makan ayam,” jawab pasien.

Sementara ditanya terkait pelayanan. Apakah ada perawat baik atau ada yang jahat? “Ada baik ada jahat,” sahut pasien.

Menariknya lagi, ketika ditanya terkait kenyamanan dalam beristirahat.

“Tempat tidur sedap dan sering mimpi,” jawab pasien, yang membuat Wagub Kandouw tertawa.

“Air lancar?,” tanya wagub dijawab pasien dalam sehari tiga kali mandi.

Wagub Kandouw memberi apresiasi kepada Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sulut dan Direktur RSJ Ratumbuysang atas pengelolaan serta pelayanan kesehatan yang baik.

“Sidak ini merupakan arahan Pak Gubernur. Kita harus optimalkan pelayanan rumah sakit kita. Termasuk output dan outcame. Termasuk RSJ Ratumbuysang ini,” terangnya.

“Sudah menjadi kewajiban bagi rumah sakit merawat saudara-saudara kita ini sampai mereka siap pulang ke tengah-tengah masyarakat. Mereka juga berhak mendapatkan pelayanan dan pendampingan dari pemerintah,” tandasnya.

(*/ain)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *